{{check}}Plagiarism Policy

Pernyataan dan Kebijakan

Jurnal PENAMAS sebagai Pengabdian dan Pengembangan Inovasi kepada Masyarakat menerapkan kebijakan toleransi nol terhadap plagiarisme dan oleh karena itu menetapkan kebijakan berikut yang menetapkan tindakan spesifik (sanksi) ketika plagiarisme teridentifikasi dalam artikel yang diajukan untuk publikasi di jurnal ini.

 

Definisi: Plagiarisme melibatkan “penggunaan atau peniruan yang sangat mirip dengan bahasa dan pemikiran penulis lain, serta penyajiannya sebagai karya asli sendiri.”

 

Kebijakan: Artikel harus asli, belum pernah diterbitkan, dan tidak sedang dalam proses penerbitan di tempat lain. Setiap materi yang diambil secara verbatim dari sumber lain harus diidentifikasi secara jelas sebagai berbeda dari teks asli saat ini dengan (1) indentasi, (2) penggunaan tanda kutip, dan (3) identifikasi sumber.

 

Setiap teks yang melebihi standar penggunaan wajar (didefinisikan di sini sebagai lebih dari dua atau tiga kalimat atau setara dengannya) atau materi grafis yang direproduksi dari sumber lain memerlukan izin dari pemegang hak cipta dan, jika memungkinkan, penulis asli, serta identifikasi sumber; misalnya, publikasi sebelumnya.

 

Semua naskah yang diajukan akan diperiksa kesamaannya menggunakan Turnitin atau Ithenticate.

 

Jika plagiarisme teridentifikasi, Editor Utama yang bertanggung jawab atas tinjauan naskah ini akan sepakat mengenai tindakan yang diambil sesuai dengan tingkat plagiarisme yang terdeteksi dalam naskah, sesuai dengan pedoman berikut:

 

Tingkat Kesamaan

Jurnal Manajemen Pendidikan dan Praktik Pengajaran tidak toleran terhadap plagiarisme. Kami menggunakan Turnitin atau Ithenticate untuk mengevaluasi indeks kesamaan, dan kemudian editor memutuskan kasus plagiarisme yang mungkin (Laporan kesamaan akan disediakan kepada penulis). Dewan redaksi telah menetapkan tindakan berikut:

  1. Indeks Kesamaan di atas 40%: Artikel Ditolak (karena kutipan yang buruk dan/atau paraphrasing yang buruk, artikel ditolak secara langsung, TIDAK DITERIMA PENYERAHAN ULANG).
  2. Indeks Kesamaan (15-40%): Dikirim kembali kepada penulis untuk perbaikan (berikan kutipan yang benar di semua bagian yang mirip dan lakukan paraphrasing yang baik meskipun kutipan telah disediakan).
  3. Indeks Kesamaan di bawah 10%: Diterima atau perbaikan kutipan mungkin diperlukan (kutipan yang benar harus disediakan untuk semua teks yang diambil dari sumber lain).