Peningkatan Kompetensi Komunikasi Digital untuk UMKM di Kabupaten Bandung Barat
DOI:
https://doi.org/10.60046/penamas.v3i2.167Keywords:
Kompetensi Komunikasi Digital, Digital Marketing, UmkmAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan kemampuan pelaku bisnis UMKM di Kabupaten Bandung Barat dalam memasarkan produk melalui media digital. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk pelatihan penggunaan media digital secara offline. Metode pelatihan diawali dengan survei di lapangan, focus group discussion, pelaksanaan pelatihan, dan praktek membuat konten video di produksi UMKM “Lica Sari”. Materi pelatihan yang diberikan meliputi kiat-kiat menggunakan media digital yang efektif guna menghadapi persaingan pelaku bisnis lain yang sudah lebih berpengalaman dalam melakukan digital marketing. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan keberhasilan dengan indikasi berupa tingginya antusiasme untuk mengikuti kegiatan pelatihan serta adanya motivasi untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam memasarkan produk.


